KASUS PEMASARAN GLOBAL MCDONALD
Siapa
yang tidak kenal dengan salah satu jaringan franchise kuliner cepat saji
terbesar di dunia, McDonald. McDonalds
merupakan salah satu contoh perusahaan di bidang restoran cepat saji yang mampu
berkembang, bersaing dan memperoleh keuntungan yang besar ditengah – tengah
pasar global. Berawal dari sebuah restoran drive in sederhana, McDonald’s kini
dapat berkembang menjadi usaha waralaba restoran cepat saji yang hadir di lebih
dari 110 negara di dunia. McDonald’s bahkan mampu menciptakan tren restoran
cepat saji dan gaya hidup baru di kalangan masyarakat global.Berbagai
kesuksesan tersebut tentu saja tidak diraih dengan mudah, strategi pemasaran
McDonald’s lah yang membuat usaha waralaba tersebut mampu bertahan dan bersaing
dengan perusahaan lainnya.
Di Indonesia, McDonald’s hadir pada
tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald’s seluruh dunia. H. Bambang
N. Rahcmadi Msc MBA adalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil
mendapatkan hak master franchise dari McDonald’s dengan mengalahkan 39 pesaing
dari Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang
pertama di Sarinah, Haji Bambang diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun
di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training
tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald’s dari yang
paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial,
kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Saat ini kepemilikan mayoritas
McDonald di Indonesia dipegang oleh PT. Rekso Nasional Food atau yang lebih
dikenal dengan grup Sosro.
Analisis:
Menurut
saya Mcdonald sangat cermat dalam memilih pangsa pasar karna semua produk
disesuaikan baik untuk konsumen mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang
dewasa dapat menikmatinya, ditambah lagi Mcdonald juga pintar dalam
mengembangkan varian produk dengan rasa khas lokal yang memang sedang
berkembang dinegara tempat gerai tersebut dibuka. Selain itu Mcdonald juga
memberi kemudahan bagi setiap konsumennya, layanan drive thru atau
pemesanan berjalan ternyata pertama kali juga dipelopori oleh salah satunya
gerai McDonald. Metode pemesanan jalan ini, dipandang sangat efektif mempermudah
mereka yang sedang sibuk. Selain itu ada lagi layanan seperti pesan antar, yang
tentu dapat menjadi pilihan bagi yang ingin menikmati kuliner lezat tanpa harus
capek-capek keluar rumah. Dengan bgitu menurut saya Mcdonald pantas menjadi
restoran cepat saji nomor satu.
Sumber:
Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar