Kamis, 11 Oktober 2018

KONSEP PEMASARAN SECARA GLOBAL

KASUS PEMASARAN GLOBAL MCDONALD
                Siapa yang tidak kenal dengan salah satu jaringan franchise kuliner cepat saji terbesar di dunia, McDonald. McDonalds merupakan salah satu contoh perusahaan di bidang restoran cepat saji yang mampu berkembang, bersaing dan memperoleh keuntungan yang besar ditengah – tengah pasar global. Berawal dari sebuah restoran drive in sederhana, McDonald’s kini dapat berkembang menjadi usaha waralaba restoran cepat saji yang hadir di lebih dari 110 negara di dunia. McDonald’s bahkan mampu menciptakan tren restoran cepat saji dan gaya hidup baru di kalangan masyarakat global.Berbagai kesuksesan tersebut tentu saja tidak diraih dengan mudah, strategi pemasaran McDonald’s lah yang membuat usaha waralaba tersebut mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan lainnya.
            Di Indonesia, McDonald’s hadir pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald’s seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA adalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald’s dengan mengalahkan 39 pesaing dari Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah, Haji Bambang diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald’s dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Saat ini kepemilikan mayoritas McDonald di Indonesia dipegang oleh PT. Rekso Nasional Food atau yang lebih dikenal dengan grup Sosro.

Analisis:
            Menurut saya Mcdonald sangat cermat dalam memilih pangsa pasar karna semua produk disesuaikan baik untuk konsumen mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dapat menikmatinya, ditambah lagi Mcdonald juga pintar dalam mengembangkan varian produk dengan rasa khas lokal yang memang sedang berkembang dinegara tempat gerai tersebut dibuka. Selain itu Mcdonald juga memberi kemudahan bagi setiap konsumennya, layanan drive thru atau pemesanan berjalan ternyata pertama kali juga dipelopori oleh salah satunya gerai McDonald. Metode pemesanan jalan ini, dipandang sangat efektif mempermudah mereka yang sedang sibuk. Selain itu ada lagi layanan seperti pesan antar, yang tentu dapat menjadi pilihan bagi yang ingin menikmati kuliner lezat tanpa harus capek-capek keluar rumah. Dengan bgitu menurut saya Mcdonald pantas menjadi restoran cepat saji nomor satu.

Sumber:

Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar